05 Juni 2015

SI UNYU K E P I K

KEPIK 
(Coccinella seeptempunctata Linnaeus)


Hay saya Coccinella seeptempunctata Linnaeus tetapi orang-orang memanggilku Cecilia. Menurut mereka, saya adalah serangga hitam dan merah yang indah dari subfilum Uniramia. Saya anggota dari subfilum ini karena saya memiliki karakteristik seperti anggota badan tidak bercabang, tubuh berbentuk terestrial, memiliki sepasang antena, dan saya seekor serangga. Beberapa orang mengatakan bahwa jika saya menempel  di ditubuhmu, saya akan memberikan kamu keberuntungan untuk mu. Dapatkah kamu menebak siapa saya? Seekor kumbang ... duh! Saya sangat populer dan saya pikir ini juga layak bagi saya karena saya serangga yang berguna dan paling membantu. Saya berasal dari bagian barat tetapi telah banyak diperkenalkan di Amerika Utara.
 Gambar : bentuk tubuh kepik

 
Suatu hari nanti saya ingin mempunyai anak dari suami saya yang bernama Barney. Ketika saya melakukan reproduksi, saya memiliki empat tahap utama, yaitu : Awalnya bayi saya akan berupa telur, kemudian manjadi larva, lalu menjadi pupa, dan terakhir manjadi dewasa. Mungkin orang berpikir bahwa bayi saya adalah seekor lebah tetapi sebenarnya bayi saya akan menjadi seekor kumbang. Alasan mengapa dia akan menjadi seekor kumbang karena saya memiliki mulut pengunyah sementara lebah tidak. Saya suka mengunyah kutu daun dengan rahang saya yang tajam dan saya termasuk predator karena saya berburu makanan.

ListenRead phonetically
Kumbang seperti saya hidup di berbagai habitat, yaitu : hutan, ladang, padang rumput, taman, dan bahkan di rumah-rumah orang. Tetapi kalau saya, saya tinggal di sebuah taman di pusat kota. Asal kamu tahu, ketika lebah yang lebih besar mendatangi saya, saya kadang-kadang harus bertarung dengan mereka karena jika saya tidak bertarung maka saya akan dimakan oleh mereka. Itulah yang saya lakukan saat saya terancam. Saya tidak merugikan dunia, tetapi saya hanya merugikan para petani karena saya sering memakan kutu daun dari tanaman mereka yang mulai tumbuh. Orang mengklasifikasikan saya sebagai berikut : Kingdom: Animalia, Filum: Arthropoda, Kelas: Insecta, Ordo: Coleopteran, Famili: Coccinellidae, Genus: Hippodamia.

Semua binatang memiliki 7 fungsi kehidupan yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup. Ini yang saya miliki :
·         Makanan - menggigit, mengunyah menggunakan mulut dan antena untuk makan, memiliki sistem pencernaan dan salah satunya cara mencerna makanan.
·         Respirasi - jaringan tubulus dinding tipis dan mengandalkan difusi.
·         Sistem sosial kompleks sirkulasi.
·         Ekskresi - memiliki kepala, dada, perut, dan mengeluarkan kotoran melalui anus.
·         Respon - senyawa mata, sangat menyadari lingkungan sekitar, sangat sosial.
·         Gerakan - gerakan menggunakan 1 antena dan sepasang sayap untuk terbang.
·         Reproduksi - Internal pemupukan dengan telur dan melewati punggung. (lihat gambar) Metamorfosis

Saya disebut kumbang tetapi kalau di Eropa disebut kumbang kecil. Beberapa kumbang ada yang tidak memakan tanaman, tetapi sebagian besar adalah pemakan tanaman. Tubuh saya berbentuk setengah bola, kecil, bulat atau oval seperti kubah. Saya memiliki kaki yang pendek dan antena. Tempat dan warna saya yang menarik, dimaksudkan untuk membuat saya tidak menarik untuk menjadi predator. Saya juga bisa mengeluarkan cairan dari sendi di kaki saya yang memberikan saya rasa yang buruk. Pewarnaan saya mungkin merupakan pengingat bagi hewan lain yang mencoba memakan saya bahwa saya memiliki rasa yang buruk. Jika beberapa lebah jelek dan besar datang ke arah saya maka saya akan mengeluarkan substansi itu agar mereka tidak mempunyai selera untuk memakan saya dan itu saya lakukan untuk melindungi diri saya.

Gambar : daur hidup kepik


Yah, saya dan suami saya Barney akhirnya mempunyai anak bernama Dash. Dia sekarang pada tahap pupa dan akan segera dewasa. Dia tumbuh dengan panjang 1/4 inci dan memiliki tubuh yang oval. Pacarnya mungkin akan lebih besar dari dia. Dia akan memiliki warna merah, oranye, atau elytra kuning (sayap mencakup) dan bintik hitam tetapi ada kemungkinan dia tidak akan memiliki tempat sama sekali. Elyria adalah penutup sayap keras yang melindungi sayap yang rapuh dan oleh karena itu dia menjadi anggota filum anthropoda. Protonnya ditemukan tepat di belakang kepala dan sering terdapat bintik di atasnya. Paling tidak dia akan memiliki 6 kaki bersendi dan ini adalah hidup saya.


Sumber :

"subfilum Uniramia." Kepik. 2000. 21 Apr 2008
.

"subfilum Uniramia Kepik." Siklus hidup kumbang gambar. 2001. 21 Apr 2008
.

"Judul Kepik." Kepik unit tematik. 2006. 22 Apr 2008

Tidak ada komentar: