LEMBAR KEGIATAN SISWA
Fenotip dan genotip pada manusia
Pendahuluan
Sifat-sifat manusia diwariskan kepada keturunannya mengikuti pola tertentu. Sifat-sifat tersebut diwariskan melalui gen yang terdapat di dalam sel kelamin.
Umumnya hanya satu gen yang bertanggung jawab pada penentuan sifat tertentu (allelomorf = allele) dan terdapat dalam sel kelamin. Setiap individu yang terjadi sebagai hasil fertilisasi sel telur oleh spermatozoid, memiliki sifat yang ditentukan 50% oleh sel telur dan 50% oleh sel kelamin jantan.
Gen yang menentukan sifat manusia ini ada yang dominan (D) dan ada pula yang resesif (R). Ciri-ciri warisan ditentukan oleh pengaruh gen dominan dan gen resesif ini.
Contoh-contoh sifat manusia adalah:
Dominan | Resesif |
Hidung lurus (K) | Hidung melengkung (k) |
Hidung mancung (M) | Hidung tengadah (m) |
Lubang hidung besar (B) | Lubang hidung kecil (b) |
Bibir tebal (G) | Bibir tipis (g) |
Dagu melekuk (L) | Dagu rata (l) |
Keriting putaran dalam (P) | Keriting pusaran luar (p) |
Kemampuan menggulung lidah (G) | Tidak mampu menggulung lidah (g) |
Kemampuan merasa PTC (T = tester) | Tidak merasakan PTC (t = non tester) |
Kuku pete (I = langsing panjang) | Kuku jengkol ( i = lebar pendek) |
Untuk mengamatu genotip seseorang diperlukan data tentang fenotipnya, yaitu sifat yang tampak dan dapat diobservasi. Fenotip ada yang dengan mudah dapat diobservasi menggunakan mata biasa, namun fenotip yang lain memerlukan alat dan bahan tambahan untuk menentukannya. Misalnya sifat perasa PTC, golongan darah, kekebalan dan sebagainya.
Tujuan:
Menentukan fenotip dan genotip seseorang untuk sifat-sifat tertentu
Alat dan bahan
Siswa dengan berbagai fenotip
Buku dan alat tulis menulis
LKS
Aktivitas:
1. Sifat menggulung lidah (gambar 1) ditentukan oleh gen G yang dominan terhadap sifat tidak mampu menggulung lidah (g)
2. Seseorang yang tidak mampu menggulung lidah memiliki genotip gg (homozigot resesif) sedangkan yang mampu menggulung lidah memiliki genotip GG (homozigot dominan) atau Gg (heterozigot)
3. Lakukanlah pengamatan terhadap teman sekelasmu dalam satu kelompok, kemudian barulah ke teman dalam kelompok lain, dengan cara mengambil data dari kelompok yang lain.
4. Pilihlah dua sifat tertentu berdasarkan data di table misalnya kemampuan menggulung lidah dan menetukan tipe kuku seseorang.
5. Catatlah jumlah siswa yang menunjukkan sifat-sifat tersebut pada table hasil pengamatan
Data hasil pengamatan
Tabel 1. Frekuensi kemampuan menggulung lidah dan tipe kuku siswa
Kelompok | Jumlah siswa yang … |
| |||
Dapat menggulung lidah | Dapat menggulung lidah | Kuku tipe pete | Kuku tipe jengkol | ||
I | | | | | |
II | | | | | |
III | | | | | |
IV | | | | | |
V | | | | | |
Total | | | | | |
|
|
|
|
|
|
Analisis data
Berdasarkan data pada table hasil pengamatan, jawablah pertanyaan berikut:
1. Jumlah total siswa yang dilakukan pengamatan dalam kelas = ………………………….
2. Jumlah seluruh siswa yang dapat menggulung lidah = ………………………………………..
3. Jumlah seluruh siswa yang tidak dapat menggulung lidah = ……………………………..
4. Jumlah seluruh siswa yang berkuku pete = ………………………………………………………….
5. Jumlah seluruh siswa yang berkuku jengkol = ………………………………………………………
6. Genotip siswa yang tidak dapat menggulung lidah = …………………………………………..
7. Genotip siswa yang berkuku pete = ……………………………………………………………………….
8. Genotip siswa yang berkuku jengkol = ………………………………………………………………..
9. Gambarkan data jumlah siswa yang bergenotip GG, Gg dan gg pada grafik lingkaran, demikian juga untuk grafik tipe kuku
10. Rumuskan kesimpulanmu tentang frekuensi gentip homozigot dominan, homozigot resesif dan heterozigot
------------------------------------------------------------------------------------------------
LEMBAR KEGIATAN SISWA
Hereditas golongan darah
Rangkuman materi
Salah satu sifat menurun pada manusia adalah golongan darah. Menurut Landsteiner, terdapat bermacam-macam golongan darah. Sala satu diantaranya adalah system ABO.
Menurut system ini, golongan darah dibagi menjadi golongan A, B, AB dan O (nol). Golongan darah A memiliki aglutinogen A dan aglutinin β, dan rumusnya ditulis (A, β). Golongan darah B memiliki aglutinogen B dan aglutinin α, dan ditulis (B, α). Golongan darah AB memiliki agglutinin A dan B, tidak memiliki aglutinogen. Sedangkan golongan darah O tidak memiliki aglutinogen, tetapi memiliki aglutinin α dan β.
Golongan darah ditentukan oleh gen IA, IB dan IO. Gen IA dominan terhadap gen IO, begitu juga halnya dengan gen IB dominan terhadap gen IO. Sedangkan gen IA dan IB bersifat kodominan, artinya sifat yang dibawa oleh kedua gen itu akan muncul secara bersama-sama bila gen itu ada.
Tujuan:
Memprediksi genotip dan fenotip golongan darah orang tua, jika diketahui genotip kedua anak-anaknya.
Alat dan bahan
Siswa dengan berbagai golongan darah
LKS
Buku dan alat tulis menulis
Aktivitas:
1. Genotip orang yang bergolongan darah B adalah sebagai berikut:
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………………..
Jadi keturunan pertama akan selalu bergolongan darah A heterozigot.
1. Bila terjadi perkawinan antara orang bergolongan darah O dengan orang bergolongan darah AB. Buatlah digram persilangannya pada tempat berikut:
P : ………………………………………………………………………………………………………………………………….
G :………………………………………………………………………………………………………………………………….
F1:………………………………………………………………………………………………………………………………….
2. Kemungkinan anaknya memiliki golongan darah A = ………………………………………. %
Kemungkinan anaknya memiliki golongan darah B = ………………………………………. %
Kemungkinan anaknya memiliki golongan darah AB = ………………………………………. %
Kemungkinan anaknya memiliki golongan darah O = ………………………………………. %
3. Seorang anak bergolongan darah A, makan kemungkinan darah pasangan orang tuanya adalah :
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………………………………..
4. Pasangan golongan darah orang tua yang member kemungknan lahirnya anak-anak dengan golgan darah lengkap (artinya mempunyai kemungkinan untuk melahirkan semua macam golongan darah) adalah pada pasangan:
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………………………………-------------------------------------------------------------------------------------------------
LEMBAR KEGIATAN SISWA
Cacat dan penyakit menurun pada manusia
Rangkuman materi
Penyakit menurun pada manusia ada yang terpaut pada kromosom tubuh (autosom), dan ada pula yang terpaut pada kromosom X maupun kromosom Y. hemophilia dan butawarna adalah contoh penyakit dan cacat menurun yang dibawa oleh gen resesif. Gen-gen tersebut terpaut pada kromosom kelamin X. Wanita heterozigot dari factor ini dikatakan sebagai pembawa (carier) artinya dia tidak menderita hemophilia, tetapi membawa atau mengandung gen hemophilia.
Tujuan:
Membuat peta silsilah penyakit atau cacat menurun pada manusia
Menjelaskan bagaimana gen pembawa sifat hemophilia diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya.
Menentukan fenotip dan genotip keturunan melalui peta silsilah (pedigree)
Alat dan bahan:
LKS
Buku dan alat tulis menulis
Aktivitas:
1. Amatilah peta silsilah keluarga ratu Victoria berikut:
2. Bila gen hemophilia dibawa oleh gen yang diberi symbol huruf h, maka genotip ibu pembawa (carier) adalah :
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………………………………
3. Genotip laki-laki hemophilia adalah …………………………………………………………………………………
4. Genotip perempuan hemophilia adalah ……………………………………………………………………………
5. Anak-anak Helena dan Leopold tidak ada yang hemophilia, mengapa? Jelaskan!
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………………………………
6. Mengapa pada peta solsilah tersebut di atas tidak pernah dijumpai wanita hemophilia?
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………………………………
7. Buatlah suatu persilangan untuk memperlihatkan munculnya wanita hemophilia?
Jawab:
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
9. Bagaimana halnya jika ibu butawarna XcbXcb, kawin dengan pria normal (XcbY). Buatlah diagram persilangan dan tentukan fenotip keturunannya.
LKS Hereditas manusia dalam format ms.word (doc) dapat di download disini:
Klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar