19 Agustus 2009

Penemu siklus krebs

Hans Adolf Krebs
Ia adalah dokter dan Biokimiawan berkewarganegaraan Jerman dan Inggris. Ia menerima penghargaan Nobel bidang Fisiologi dan kedokteran untuk karyanya dalam menjelaskan proses metabolisme (khususnya dalam menemukan siklus urea dan siklus asam sitrat/siklus krebs. Ia dilahirkan pada tanggal 25 agustus 1900 di Hildesheim (Niedersachsen, Jerman) dari pasangan Georg krebs (juga seorang dokter) dan Alma.
Hans A Krebs menyelesaikan sekolahnya di Gymnasium Andreanum (setingkat SMA) di kota kelahirannya Hildesheim. kemudian ia belajar ilmu kedokteran di Universitas Goettingen, universitas freiburg im breisgau, dan sekolah kedikteran Berlin dari 1918 sampai 1923. Ia memperoleh gelar doktor dari Universitas Hamburg. kemudian ia belajar kimia di berlin. hingga 1930 ia menjadi asisten di otto heinrich warburg di institut Kaiser wilhelm untuk biologi.

Undangan dari universitas Cambridge untuk memperdalam biokimia diterimanya. pada tahun 1032 ia telah mengungkapkan siklus urea dan siklus asam sitrat (Populer dengan nama siklus krebs)pada proses metabolisme untuk menghasilkan energi pada makhluk hidup.Karyanya ini membuat ia mendapat penghargaan Nobel untuk bidang Kedokteran / fisiologi pada tahun 1953.
Pada tahun 1945 ia diangkat menjadi profesor di universitas Sheffeld. gelar "SIR" ia peroleh dari ratu Inggris Elizabeth II pada tahun 1958. Ia wafat di Oxford, Inggris tanggal 22 november 1981

Kata kunci: tidak pernah berhenti untuk belajar

2 komentar:

Anonim mengatakan...

punten..boleh di copaste..?

Prestasi Guru Biologi SMA YPVDP mengatakan...

mangga ... silahkan
semoga bermanfaat