30 Juli 2009

LATIHAN SOAL: HAKIKAT BIOLOGI SEBAGAI ILMU

1.Ilmu biologi memiliki karakteristik yang berbeda dengan ilmu sains yang lain. Karakteristik ilmu biologi adalah ........................
a. Unsur
b. molekul
c. gas
d. organisme
e. radiasi

2.Bidang ilmu yang mengkaji tentang molekul-molekul penyusun tubuh makhluk hidup, interaksi antara makhluk hidup dengan segala permasalahannya adalah ............
a. Teknologi
b. Biokimia
c. biologi
d. kimia
e. fisika

3.Cabang ilmu biologi yang mengkaji tentang molekul-molekul pembawa sifat menurun adalah ..
a. Biokimia
b. genetika
c. Biologi molekuler
d. embriologi
e. fisiolofi

4.Asam amino, glukosa dan asam lemak serta gliserol adalah molekul-molekul kecil penyusun bahan organik yang terdapat dalam tubuh makhluk hidup. Cabang biologi yang mengkaji tentang molekul yang menyusun tubuh makhluk hidup adalah ...
a. Biokimia
b. genetika
c. Biologi molekuler
d. embriologi
e. fisiologi

5.Cabang ilmu yang berkaitan dengan gambar dibawah ini adalah .........
a. Bakteriologi
b. virologi
c. parasitologi
d. sitologi
e. mikrobiologi

6.Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang penyakit dan penanggulangannya adalah ........
a. Parasitologi
b. Mikologi
c. mikrobiologi
d. onkologi
e. patologi

7.Cabang ilmu biologi yang berkaitan dengan gambar dibawah ini adalah ...

a. Mikologi
b. Mikrobiologi
c. parasitologi
d. sitologi
e. botani

8.Cabang biologi yang mepelajari tentang pengelompokkan makhluk hidup adalah ...
a. ekologi
b. taksonomi
c. biogeografi
d. biologi populasi
e. embriologi

9.Perhatikan gambar dibawah ini.

Cabang ilmu yang berkaitan adalah ...
a. sitologi
b. histologi
c. organologi
d. embriologi
e. transportasi

10.Teknologi biologi dalam membuat satu atau lebih replika suatu individu disebut ...
a. Rekayasa genetika
b. Teknik kloning
c. Bioteknologi
d. Genetika
e. Kultur jaringan

11.Jenis bakteri yang dimanfaatkan untuk merubah susu menjadi yogurt adalah ...
a. Rhizopus
b. Ragi
c. Penicillium
d. lactobacillus
e. Acetobacter

12. Perhatikan gambar dibawah ini!

Makanan di atas berhasil dikembankan berkat kemajuan biologi dalam bidang ....
a. Bakteriologi
b. Mikrobiologi
c. mikologi
d. sanitasi
e. sitologi

13.Cabang ilmu biologi yang mengkaji interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya adalah ...
a. ekologi
b. ekosistem
c. bioma
d. biografi
e. bioteknologi

14.Gambar dibawah ini merupakan kajian biologi tingkat ....

a. ekosistem
b. populasi
c. komunitas
d. biosfer
e. bioma

15.Ekosistem dalam skala yang luas, dicirikan dengan lumut sebagai tanaman yang dominan adalah ...
a. Bioma gurun
b. Bioma padang rumput
c. Bioma tundra
d. Bioma taiga
e. Bioma mangrove

16.Upaya pengembangbiakan tanaman yang seragam dalam jumlah besar dan waktu yang singkat disebut ....
a. mencangkok
b. stek
c. merunduk
d. hibridisasi
e. kultur jaringan

17.”Ketupat lebih tahan lama dibandingkan nasi”. Rumusan masalah yang tepat dari judul di atas adalah ...
a. Mengapa nasi cepat basi?
b. Mengapa banyak orang menyukai ketupat?
c. Apakah pasangan lauk yang tepat untuk ketupat?
d. Berapa banyak jumlah beras untuk membentuk ketupat?
e. Berapa lama ketupat bisa awet?

18.Manakah dari pernyataan dibawah ini berupa rumusan hipotesis?
a. Nasi lebih cepat basi karena diserang bakteri
b. Ketupat tidak cepat basi karena tertutup
c. Ketupat lebih awet dibandingkan nasi karena kulit janur mengandung pengawet
d. Nasi lebih cepat basi karena terlalu lembek
e. Ketupat lebih awet karena lebih kenyal dari nasi

19.Tentukan variabel terikat dari judul masalah pada soal nomer 17!
a. aneka macam bungkus nasi
b. Waktu yang dibutuhkan untuk menjadi basi
c. Bakteri penyebab kebusukan
d. Cara memasak yang kurang lama
e. Kadar air yang terkandung dalam nasi

20.Cabang biologi yang mengkaji fungsi kerja alat-alat tubuh adalah
a. Fisiologi
b. Anatomi
c. morfologi
d. genetika
e. sitologi

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan tepat!
1.Sebutkan urut-urutan kajian biologi dari yang terbesar sampai yang terkecil!
2.Sebutkan cabang ilmu yang bidang kajiannya membahas tentang organisme!
3.Pupuk kandang dapat mempercepat proses pembentukan buah tomat dibandingkan dengan pupuk kompos
a.Buatlah 1 rumusan masalah
b.Tentukan variabel penelitiannya
c.Buat rumusan hipotesisnya

Isilah titik titik dibawah ini dengan singkat dan tepat!
1.Biologi memiliki karakter yang berbeda dengan ilmu sains lainnya. Karakter tersebut adalah ....................
2.Cabang ilmu yang berkaitan dengan gambar dibawah ini adalah ....

3.Molekul terkecil penyusun protein adalah ....................
4.Cabang biologi seperti sitologi, onkologi dan bakteriologi. Objek biologi yang dikaji ketiga cabang ilmu tersebut adalah ....................
5.Kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama saling berinteraksi satu dengan yang lain dipelajari dalam cabang biologi ......
6.Penyakit influensa, campak dan polio dipelajari dalam cabang biologi ......
7.Cabang ilmu yang berkaitan dengan gambar dibawah ini adalah ...

8.Tujuan dikembangkan teknik rekayasa genetika adalah ...
9.Bakteri Lactobacillus casey digunakan untuk merubah bahan makanan susu menjadi ..........
10.Bahan dasar untuk pembuatan kecap adalah ..................
11.Organisme yang mempu merubah air kelapa menjadi nata de coco adalah ....
12.Cabang biologi yang mempelajari tentang penyebaran penyakit dan upaya penanggulangannya adalah ...
13.Cabang biologi yang berkaitan dengan gambar dibawah ini adalah

14.Cabang ilmu biologi yang mengkaji interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya adalah ...
15.Salah satu cabang ilmu yang merupakan kelompok ilmu terapan adalah ......
16.Urut-urutan kajian biologi seperti terlihat pada gambar dibawah ini adalah ....

17.Vegetasi atau tumbuhan dominan yang terdapat di padang pasir adalah ....
18.Perkembangan biologi dalam teknik kultur jaringan, dan teknik hibridisasi merupakan kemajuan biologi dalam bidang ....
19.Untuk mendapatkan hewan unggul dikembangkan teknik fertilisasi in vitro yang berarti ........................
20.Cabang ilmu yang berkaitan dengan gambar dibawah ini adalah ....

21.Langkah-langkah yang digunakan secara sistematis untuk memecahkan masalah disebut ...
22.Intisari dari suatu penelitian yang mampu menjawab hipotesis disebut ......
Tempe dengan bungkusan daun memiliki cita rasa harum dibandingkan tempe bungkusan plastik
23.Buatlah 3 rumusan masalahnya
24.Tuliskan 1 rumusan hipotesisnya
25.Tentukan variabel penelitiannya
26.Buatlah rancangan eksperimennya
27.Rumuskan 3 kesimpulan .

Untuk soal ulangan (tes unit 1)Hakikat biologi sebagai ilmu Download disini


SELAMAT MENGERJAKAN

29 Juli 2009

LKS RESPIRASI AEROB

Rangkuman Materi
Dalam upaya untuk mendapatkan energy dalam bentuk ATP (adenosine Tri Pospat), sel mampu memecah senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa-senyawa yang lebih sederhana, baik yang dengan menggunakan oksogen bebas maupun tidak menggunakan oksigen bebas. Proses tersebut lebih dikenal dengan proses respirasi. Jika diperhatikan proses respirasi juga melibatkan serangkaian reaksi yang berlangsung tahap demi tahap. Meskipun tidak sesederhana proses yang sebenarnya terjadi, secara sederhana proses respirasi aerob dapat dituliskan sebagai berikut.



Melalui kegiatan berikut, kamu akan belajar memahami reaksi yang lebih rinci pada proses respirasi aerob

Tugas:
1.Bacalah rangkuman materi dan cermati gambar 4 dengan seksama! Berdasarkan gambar 4:

Gambar 4: Tahapan proses respirasi aerob. Bulatan hitam menunjukkan atom C senyawa yang bersangkutan

2.Dalam proses respirasi aerob, ada beberapa tahap reaksi yang dilalui?
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………………
Sebut : ………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………

3.Pada tahap glikolisis:
a.Senyawa apa yang diubah?
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………..

b.Berapa jumlah atom C pada senyawa tersebut
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………..

c.Senyawa apa yang dihasilkan?
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………..

d.Berapa jumlah atom C pada jawaban c?
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………..

e.Dimana tempat berlangsungnya?
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………..

4.Pada tahap reaksi dekarboksilasi oksodatif asam piruvat:
a.Senyawa apa yang diubah?
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………..

b.Berapa jumlah atom C pada senyawa tersebut
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………..

c.Senyawa apa yang dihasilkan?
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………..

d. Berapa jumlah atom C pada jawaban c?
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………

e.Dimana tempat berlangsungnya?
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………..

5.Pada tahap reaksi krebs:
a.Senyawa apa yang diubah?
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………..

b.Berapa jumlah atom C pada senyawa tersebut
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………..

c.Senyawa apa yang dihasilkan?
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………..

d.Berapa jumlah atom C pada jawaban c?
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………..

e.Dimana tempat berlangsungnya?
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………..

6.Pada tahap reaksi system pengangkutan electron, terjadi pengangkutan electron atau ion hydogen.
a. Senyawa apa yang berfungsi sebagai penerima electron terakhir?
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………

b.Pada saat terjadi pengangkutan electron sampai menuju senyawa penerima electron terakhir, akan tetapi dihasilkan energy berupa apa?
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………..

c.Dimana tempat berlangsungnya?
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………..

Pada tahap-tahap yang membangun proses respirasi juga menghasilkan electron atau ion hydrogen. Elektron atau ion hydrogen tersebut jika memasuki tahap system pengangkutan electron akan membebaskan energy secara bertahap berupa ATP. ATP yang dibebaskan berjumlah tiga untuk setiap electron yang mengalir sampai diterima oleh oksigen sebagai penerima electron terakhir. Untuk mengetahui berapa jumlah energy berupa ATP untuk tiap tahap reaksi yang membangun proses respirasi, cermati dengan seksama gambar 5

7.Berapa jumlah ATP yang dihasilkan pada tahap glikolisis?
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………

8.Pada tahap glikolisis dihasilkan 6 ATP yang berasal dari 2 molekul NADH. Molekul NADH ini sebagai sumber electron atau ion hydrogen. Jadi kalau demikian, untuk tiap molekul NADH, berapa ATP yang dihasilkan jika NADH ini melewati system Pengangkutan Elektron?
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………………..

9.Berapa jumlah ATP yang dihasilkan pada tahap dekarboksilasi Oksidatif Asam piruvat?
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………

10.Berapakah jumlah ATP yang dihasilkan pada tahap Daur krebs?
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………………..

11.Pada tahap Daur krebs dihasilkan juga 4 ATP dari 2 molekul FADH2 yang juga merupakan sumber electron atau ion hydrogen. Kalau demikian beberapa molekul ATP yang dihasilkan untuk tiap molekul FADH2, jika senyawa tersebut melewati pengangkutan electron?
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………………..

12.Berapa jumlah ATP yang dihasilkan secara keseluruhan pada proses respirasi aerob:
Jawab: ……………………………………………………………………………………………………………………..

13.Berdasarkan jawabanmu pada kolom nomer 1 sampai dengan 12, rangkumlah jawaban mu dalam bentuk table berikut ini!


Keterangan D.O As piruvat = dekarrboksilasi oksidatif asam piruvat

14.Jelaskan fenomena bahwa ternyata energy yang digunakan oleh semua makhluk hidup di bumi berasal dari matahari!
Jawab: …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

LKS METABOLISME

Perhatikan Gambar dibawah ini!

Reaksi metabolism dapat dibedakan menjadi reaksi anabolisme dan reaksi katabolisme.
Berdasarkan gambar di atas, jawablah pertanyaan dibawah ini!
1.Apakah yang diperlukan pada proses metabolism?
Jawab : a. …………………………………………………………………………………………………………………
b. ………………………………………………………………………………………………………………..
c. ………………………………………………………………………………………………………………..

2.Apa yang dihasilkan pada proses metabolism?
Jawab: a. …………………………………………………………………………………………………………………
b. ………………………………………………………………………………………………………………..
c. ………………………………………………………………………………………………………………..

3.Berdasarkan jawabanmu pada soal nomer 1 dan 2, definisikan apa yang dimaksud dengan proses anabolisme!
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………..

4.Apa saja yang diperlukan dalam proses katabolisme?
Jawab: a. …………………………………………………………………………………………………………………
b. ………………………………………………………………………………………………………………..
c. ………………………………………………………………………………………………………………..

5.Apa saja yang dihasilkan pada proses katabolisme?
Jawab: a. …………………………………………………………………………………………………………………
b. ………………………………………………………………………………………………………………..
c. ………………………………………………………………………………………………………………..

6.Berdasarkan jawaban anda pada nomer 5 dan 6, definisikan apa yang dimaksud dengan proses katabolisme?
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………..

Berdasarkan kebutuhan energinya, reaksi metabolism dikelompokkan menjadi reaksi yang memerlukan energi dan reaksi yang membebaskan energi.

7.Berdasarkan gambar 1, reaksi metabolism yang membutuhkan energy disebut …………………………………………………………………………………….., sedangkan reaksi yang membebaskan energy disebut ………………………………………………………………………………..

Perhatikan gambar 2 dibawah ini!

Berdasarkan gambar 2, jawablah pertanyaan dibawah ini!

8.Manakah yang termasuk reaksi anabolisme
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………..
Alasan: ……………………………………………………………………………………………………………………..

9.Manakah yang termasuk reaksi katabolisme
Jawab: ………………………………………………………………………………………………………………………
Alasan: ……………………………………………………………………………………………………………………..

10.Energi yang dihasilkan dan digunakan dalam proses metabolism berupa apa?
Jawab …………………………………………………………………………………………………………………..….

25 Juli 2009

Catatan pertumbuhan dan perkembangan Tumbuhan

Pertumbuhan
Proses pertambahan biomassa atau ukuran (berat, volume atau jumlah) yang bersifat irreversibel
Pertumbuhan merupakan proses kuantitatif
Alat untuk mengukur pertumbuhan disebut auksanometer

Jenis pertumbuhan dan perkembangan
Pertumbuhan Primer
Pertumbuhan yang menyebabkan batang batang dan akar tumbuhan bertambah tinggi atau panjang.

~ diawali dengan pembelahan sel di daerah meristem apikal
~ meristem apikal terbagi atas 3 daerah yaitu daerah pembelajan, daerah pemanjangan dan daerah differensiasi

~ teori tentang perkembangan meristem apikal diterangkan dengan teori histogen dan teori tunika korpus
a. teori tunika korpus
teori yang menyatakan bahwa titik tumbuh akar dan batang pada tumbuhan terdiri atas 2 zona yang terpisah susunannya, yaitu tunika dan korpus.
Tunika merupak lapisan terluar, yang selanjutnya berkembang menjadi jaringan primer. Korpus adalah bagian pusat titik tumbuh yang memiliki kemampuan membelah ke segala arah.

teori tunika korpus dikemukakan oleh ahli botani Schmidt

b. Teori histogen
Titik tumbuh akar dan batang pada tumbuhan disebut dengan histogen. Histogen terdiri dari plerom (bagian pusat akar dan batang yang akan menjadi empulur dan fasis), germatogen (Lapisan terluar yang akan menjadi epidermis) dan periblem (lapisan yang akan menjadi korteks).

teori ini dikemukakan oleh Hanstein

b. pertumbuhan Sekunder
Pertumbuhan yang menyebabkan akar dan batang bertambah lebar. Pertumbuhan ini disebabkan adanya pembelahan pada jaringan meristem sekunder (meristem lateral.
Ada dua macam meristem lateral yaitu Kambium vaskuler (terletak diantara xilem dan floem, yang menyebabkan pembelahan sel ke arah dalam membentuk sekunder, dan membelah ke arah luar membentuk floem sekunder sehingga batang tambah membesar) dan kambium gabus (disebut juga felogen terletak dibawah epidermis dekar kolenkima yang berfungsi menebalkan batang, sehingga epidermis lebih kedap terhadap air).

Perkembangan
merupakan proses perubahan yang menyertai pertumbuhan, menuju tingkat pemetangan atau kedewasaan makhluk hidup. proses perubahan secara berurutan adalah dari spesialiasi, diferensiasi, histogenesis, organogenesis dan gametogenesis)
Perkembangan merupakan proses kualitatif yang tidak dapat di ukur.


Struktur biji
Biji terdapat dalam buah, biji berkembang dari bakal biji yang dibuahi dan mengandung embrio serta cadangan makanan.
Berdasarkan letak cadangan makanan, ada biji berendosperm atau beralbumin (jagung) dan ada yang tak berendosperm atau biji eksalbumin (biji bunga matahari)

Perkecambahan
Tahapan pertumbuhan dan perkembangan
Pembelahan sel (cleavage) : Jumlah bertambah banyak
Spesialisasi: sel-sel yang sejenis berkelompok
Diferensiasi sel : Sel-sel mengalami perbedaan bentuk dan fungsi
Organogenesis sel: proses pembentukkan organ-organ tumbuhan
Morfogenesis sel: Organ satu dengan yang yang lain memiliki kekhususan dalam bentuk dan fungsi
Perkecambahan; proses pertumbuhan biji menjadi makhluk hidup baru

Jenis perkecambahan:
Berdasarkan letak kotiledonnya, perkecambahan dibedakan atas:
1. Perkecambahan tipe epigaeal

Perkecambahan yang ditandai dengan posisi kotiledon berada di atas permukaan tanah. Biasanya terjadi pada tanaman dikotil

2. Perkecambahan tipe hipogaeal
Perkecambahan yang ditandai dengan posisi kotiledon (biji) tetap berada di dalam tanah. Biasanya terjadi pada tanaman monokotil

Perkecambahan
Perkecambahan adalah tumbuhnya embrio dalam biji secara perlahan menjadi tumbuhan dewasa.
Perkecambahan dipengaruhi oleh faktor eksternal (kadar air, suhu, oksigen, dan cahaya) dan faktor internal (hormon, kematangan embrio, dann sifat dormansi biji)

Urutan proses perkecambahan:
Masuknya air kedalam biji  imbibisi
Aktifnya enzim-enzim untuk proses metabolisme , membongkar cadangan makanan dalam kotiledon / endosperm
Hasil pembongkaran berupa sumber energi sebagai bahan penyusun komponen sel, dan pertumbuhan embrio.
Embrio tumbuh dann berkembang


Faktor Internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan

1. Genetik (hereditas)
Gen adalah faktor pembawa sifat menurun yang terdapat dalam sel makhluk hidup.
Gen bekerja untuk mengkodekan aktivitas dan sifat yang khusus dalam pertumbuhan dan perkembangan

2. Enzim
Enzim merupakan suatu makromolekul (protein) yang mempercepat suatu reaksi kimia dalam tubuh makhluk hidup(Biokatalisator).
Suatu rangkaian reaksi dalam tubuh makhluk hidup tidak dapat berlangsung hanya melibatkan satu jenis enzim.Perbedaan jenis gen menyebabkan terjadinya perbedaan respons pertumbuhan terhadap kondisi lingkungan yang sama

3. Hormon (fitohormon)
Hormon merupakan zat pengatur tumbuh, yaitu molekul organik yang dihasilkan oleh satu bagian tumbuhan dan ditransportasikan ke bagian lain yang dipengaruhinya.Hormon dalam konsentrasi rendah menimbulkan respons fisiologis. Terdapat 2 kelompok hormon yaitu
a. Hormon pemicu pertumbuhan (auksin, Giberelin dan sitokinin)
b. Hormon penghambat pertumbuhan (asam absisat, gas etilen, hormon kalin dan asam traumalin

1. Hormon Auksin
Asal kata : Bahasa Latin
Penemu : Fritz Went (peneliti asal belanda)
Objek penelitian : Rumput (Avena sativa)
Hasil penelitian : mengekstraks zat pengatur fototropisme pada tumbuhan rumput
Kesimpulan : auksin banyak diproduksi di jaringan meristem. Kadar auksin dipengaruhi oleh cahaya matahari, dan auksin mempengaruhi percepatan pembelahan sel pada daerah meristem apikal

Struktur auksin
Struktur yang paling dikenal adalah IAA (Indol Acetik acid), yang mirip dengan asam amino triptophan. Aktivitasnya dihambat oleh cahaya matahari
Auksin disintesis di meristem apikal, daun-daun muda dan biji

Fungsi hormon Auksin
Merangsang pemanjangn sel pada daerah titik tumbuh
Merangsang pembentukkan akar
Merangsang pembentukkan buah tanpa biji (partenokarpi)
Merangsang differensiasi jaringan pembuluh
Merangsang absisi ( pengguguran pada daun)
Berperan dalam dominansi apikal

2. Hormon Giberelin
Asal kata : Bahasa Latin
Penemu : Ewiti. Kurosawa
Objek penelitian : Tanaman padi (Oryza sativa) yang terkena penyakit foolish seedling (tanaman pucat dan luar biasa panjang) dan jamur Gibberella fujikuroi
Hasil penelitian : mengisolasi giberelin dari jamur Gibberella fujikuroi, yang diberi nama giberelin (GA/Giberelic acid)
Kesimpulan : pemanfaatan giberelin secara umum menyebabkan pertumbuhan raksasa

Fungsi Giberelin
Merangsang pemanjangan batang dan pembelahan sel
Merangsang perkecambahan biji
Memecah dormansi biji
Merangsang pembungaan dan pembuahan

3. Hormon Sitokinin
Asal kata : Bahasa Latin
Penemu : Van Overbeek
Objek penelitian : pertumbuhan embrio dan air kelapa muda
Hasil penelitian : mengisolasi zat yang menyebabkan pembelahan sel (sitokinesis) yang disebut kinetin
Jenis : Kinetin, Zeatin (pada jagung) benzil amino purin
Kesimpulan : pemanfaatan sitokinin secara umum menyebabkan pertumbuhan tunas-tunas samping (lateral) sehingga tanaman menjadi rimbun

Fungsi Sitokinin
Bersama auksin, dan giberelin merangsang pembelahan dan pemanjangan sel
Menghambat dominansi apikal oleh auksin
Merangsang pertumbuhan kuncup lateral
Merangsang pemanjangan titik tumbuh
Mematahkan dormansi biji serta merangsang pertumbuhan embrio
Merangsang pembentukan akar cabang
Menghambat pertumbuhan akar adventive
Menghambat proses penuaan (senescence) daun, bunga dan buah dengan cara mengontrol proses kemunduran yang menyebabkan kematian sel-sel daun

4.Hormon Asam Absisat (ABA)
Asal kata : Bahasa Latin
Penemu : P.F. Wareing dan F.T. Addicott
Objek penelitian : buah kapas
Hasil penelitian : Mendorong terjadinya perontokkan (absisi) pada tumbuhan
Jenis : Kinetin, Zeatin (pada jagung) benzil amino purin
Kesimpulan : hormon yang menyebabkan kerontokan ada saun dan buah

Fungsi Hormon Asam Absisat (ABA)
Mengurangi kecepatan pembelahan dan pemanjangan di daerah titik tumbuh
Memacu pengguguran daun pada saat kemarau untuk mengurangi penguapan air
Membantu menutup stomata daun untuk mengurangi penguapan
Mengurangi kecepatan pembelahan dan pemanjangan sel bahkan menghentikannya
Memicu berbagai jenis sel tumbuhan untuk menghasilkan gas etilen
Memacu dormansi biji agar tidak berkecambah

5. Hormon gas etilen
Asal kata : Bahasa Latin
Penemu : R. gene (1934)
Objek penelitian : buah yang masak
Hasil penelitian : Gas etilen mempercepat pemasakan buah
Jenis : hormon tumbuhan yang berbentuk gas
Kesimpulan : Pembentukkan gas etilen dipengaruhi oleh O2 dan dihambat oleh CO2

Fungsi hormon gas etilen
Mempercepat pematangan buah
Menghambat pemanjangan akar, batang dan pembungaan
Menyebabkan pertumbuhan batang menjadi kokoh dann tebal
Merangsang proses absisi
Interaksi antara etilen dengan auksin memacu proses pembungaan
Interaksi antara etilen dengan giberelin mengontrol rasio bunga jantan dengan bunga betina pada tumbuhan monoceus

6. Hormon Luka/Kambium luka/Asam traumalin
Hormon yang merangsang sel-sel daerah luka menjadi bersifat meristematik sehingga mampu mengadakan penutupan bagian yang luka
Vitamin B12 9riboflavin), piridoksin (vit. B6) asam ascorbat (vit. C), thiamin (vitamin B1), asam nikotinat merupakan jenis vitamin yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan pertumbuhan dan perkembangan
Vitamin berperan sebagai kofaktor

7. Hormon Kalin
Dihasilkan pada jaringan meristem.
Memacu pertumbuhan organ tubuh tumbuhan
Jenisnya adalah:
a. Fitokalin : memacu pertumbuhan daun
b. Kaulokalin: memacu pertumbuhan batang
c. Rhizokalin: memacu pertumbuhan akar
d. Anthokalin: memacu pertumbuhan bunga dan buah
Florigen hormon tumbuhan yang khusus merangsang pembentukan bunga

Faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

1. Unsur hara
Kebutuhan unsur hara untuk proses pertumbuhan dan perkembangan:
Unsur makro
Unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah banyak: C, H, O, N, S, P K, S, Ca, dan Mg
Unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit: Fe, B, Mn, Cu, Zn, Mo, Cl dan Ni
Unsur karbon diambil tumbuhan dalam bentuk CO2
Unsur hidrogen diambil tumbuhan dalam bentuk H2O
Oksigen diambil tumbuhan dalam bentuk CO2. H2O dan O2
Unsur C, H, dan O merupakan unsur utama penyusun Karbohidrat, lemak dan protein
Gejala Kekurangan unsur hara disebut defisiensi

2.Suhu
Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh suhu
Suhu yang baik untuk pertumbuhan adalah sushu optimum
Pertumbuhan dan perkembangan akan terhambat bila berada pada suhu minimum dan maksimum
Vernalisasi adalah peningkatan perkecambahan atau pembungaan oleh suhu rendah
Istilah vernalisasi diperkenalkan oleh Trofim Denisovich Lysako tahun 1920

3.Kelembaban
Kelembaban tanah dan kelembaban udara mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
Tanah yang lembab dan udara yang kering mempercepat pertumbuhan dan perkembangan

4.Cahaya
Cahaya (merah, biru, nila dan violet) berperan sebagai sumber energi dalam proses fotosintesis.
Pertumbuhan kecambah ditempat yang teduh akan berlangsung cepat, tetapi abnormal  etiolasi
Daun tanaman yang terkena cahaya lebih kecil dan mesofilnya lebih tebal dibandingkan yang sedikit mendapat cahaya.
Stomata tanaman yang terkena cahaya ukurannya kecil dengan jumlah yang banyak dibandingkan yang sedikit mendapat cahaya
Akar tanaman yang terkena cahaya lebih lebat dibandingkan yang sedikit mendapat cahaya

Efek fotoperiodisme, merupakan respon tumbuhan terhadap panjang pendek sinar matahari.
Fotoperiodisme pada tumbuhan dikendalikan oleh fitokrom (sterling B. Hendrik)
Berdasarkan respos tumbuhan terhadap panjang pendeknya waktu penyinaran, tumbuhan dibedakan atas:

Tumbuhan hari pendek ) short day plant)
Tumbuhan yang berbunga ketika siang hari kurang dari 12 jam

Tumbuhan hari panjang (long day plant)
Tumbuhan yang berbunga ketika siang hari lebih panjang dari 12 jam

Tumbuhan hari netral (neutral day plant)
Tumbuhan yang berbunga tidak dipengaruhi oleh panjang pendeknya penyinaran matahari

5. Air
Air merupakan senyawa yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
Air sebagai pelarut unsur hara dalam tanah, dan memelihara temperatur tanah.
Pertumbuhan berlangsung efektif pada malam hari, karena kandungan air dalam tumbuhan lebih tinggi dari pada siang hari

6. pH
pH sangat berpengaruh pada proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
Pada kondisi pH normal, kandungan unsur-unsur yang diperlukan seperti Ca, Mg, P dan K cukup tersedia.
pH asam memiliki kandungan unsur Al, Mo, Zn yang dapat meracuni tumbuhan.


LATIHAN SOAL
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan tepat
1.Pertumbuhan suatu tumbuhan dapat dinyatakan dengan hal berikut, kecuali …
a. Bertambah banyaknya sel-sel
b. Sel semakin membesar
c. Penambahan subtansi sel
d. Penambahan panjang sel-sel tubuh
e. Merupakan proses yang bersifat reversibel

2.Salah satu ciri makhluk hidup adalah mengalami proses menuju tahap yang akan sulit untuk di ukur. Proses tersebut adalah …
a. Pertumbuhan
b. Perkembangan
c. Reproduksi
d. Iritabilita
e. gerak

3.Pertumbuhan memanjang yang terjadi pada ujung akar atau batang tumbuhan disebut …
a. Pertumbuhan primer
b. Pertumbuhan sekunder
c. Pertumbuhan tersier
d. Pertumbuhan tunggal
e. Pertumbuhan teratur

4.Manakah dari pernyataan dibawah ini yang tidak termasuk daerah meristem apical?
a. Zona meristematik
b. Zona pembelahan
c. Zona differensiasi
d. Zona pemanjangan
e. Zona jaringan permanen

5.Zona meristematik pada gambar dibawah ini ditunjukkan oleh nomer ….

a. 1 b. 2 c. 3 d. 4 e. 5

6.Teori histogen tentang perkembangan meristem epical yang benar adalah …
a. Titik tumbuh tumbuhan terdiri atas 2 bagian yaitu bagian luar dan bagian dala b. Titik tumbuh tumbuhan terdiri atas 3 bagian yaitu plerom, dermatogens dan periblem
c. Titik tumbuh tumbuhan terdiri atas 3 bagian yaitu bagian luar, tengah dan bagian dalam
d. Titik tumbuh tumbuhan mengikuti pola pertumbuhan memanjang tidak membesar
e. Titik tumbuh tumbuhan terjadi secara vertical dan horizontal

7.Menurut teori tunika korpus, menyatakan bahwa titik tumbuh akar dan batang pada tumbuhan terdiri atas 2 zona yang terpisah susunannya yaitu tunika dan karpus. Tunika berarti …
a. Korpus merupakan lapisan luar yang akan berkembang menjadi jaringan epidermis
b. Korpus merupakan lapisanterluar yang akan berkembang menjadi korteks
c. Tunika merupakan lapisan terdalam yang akan berkembang menjadi empulur
d. Tunika merupakan lapisan terdalam yang akan berkembang menjadi jaringan pengangkut
e. Korpus adalah bagian pusat titik tumbuh yang memiliki kemampuan membelah ke segala arah

8.Gambar dibawah ini yang menunjukkan pleronm dan dermatogens ditunjukkan oleh nomer …

a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5

9.Pertumbuhan sekunder yang menyebabkan diameter batang atau akar semakin membesar adalah …
a. Kambium vaskuler
b. Kambium gabus
c. Felogen
d. Protoderm
e. dermatogen

10.Nama struktur yang berlabel X pada gambar dibawah ini adalah …

a. Radikula
b. Hipokotil
c. Epikotil
d. Kotiledon
e. plumula

11.Sebelum tumbuh tunas dan daun, sumber makanan utama kecambah adalah …
a. Akar
b. Kotiledon
c. Batang
d. Embrio
e. pupuk

12.Bagian dari struktur biji yang berfungsi melapisi bagian luar kulit adalah …
a. Testa
b. Kotiledon
c. Plumulae
d. Hipokotil
e. epikotil

13.Pertumbuhan yang ditunjukkan dengan semakin menebalnya lapisan kulit luar tumbuhan disebab aktivitas ….
a. Cambium vaskuler
b. Cambium intrafasikuler
c. Cambium gabus
d. Protoderm
e. dermatogen

14.Pola perkecambahan seperti gambar dibawah ini disebut …

a. Perkecambahan hipogaeal pada tanaman dikotil
b. Perkecambahan epigaeal pada tanaman monokotil
c. Perkecambahan hipogaeal pada tanaman monokotil
d. Perkecambahan epigaeal pada tanaman dikotil
e. Perkecambahan epigaeal dan hipogaeal

15.Pernyataan berikut yang bukan merupakan tahapan dalam proses perkecambahan adalah …
a. Penyerapan air secara osmosis-difusi
b. Mengaktifkan enzim amylase dan protease
c. Mengingatkan metabolism ATP
d. Pecahnya kulit biji akibat pembelahan sel embrional
e. Melunaknya biji akibat proses penyerapan air

16.Pola perkecambahan yang ditunjukkan dengan daerah epikotil muncul di atas permukaan tanah terdapat pada:
a. jagung dan kedelai
b. Kacang hijau dan kedelai
c. Kacang hijau dan kacang kapri
d. Kacang kapri dan kedelai
e. Kacang kapri dan jagung
17. Percobaan tentang kecepatan pertumbuhan tanam dengan data sbb:

Pertumbuhan yang paling cepat terjadi pada hari …
a. 1 dan 2
b. 3 dan 4
c. 4 dan 5
d. 6 dan 7
e. 7 dan 8

18. Perkecambahan dengan kotiledon tetap berada di dalam tanah dinamakan …
a. Hipokotil
b. Hipogaeal
c. Epigaeal
d. Epikotil
e. koleoptil

19. Pengertian differensiasi yang tepat adalah …
a. Pembentukkan jaringan baru
b. Pembentukkan orhan baru
c. Pembentukan berbagai jenis jaringan
d. Pembentukan system baru
e. Terjadi proses perkembangan

20. Berikut berberapa fungsi hormon tumbuhan:
(1) merangsang perpanjangan sel batang
(2) merangsang pembelahan sel
(3) menghambat perpanjangan sel akar
(4) menghambat pembentukkan biji
Fngsi Hormon auksin adalah …
a. (1) dan (2)
b. (1) dan (3)
c. (1) dan (4)
d. (2) dan (3)
e. (2) dan (4)

21. Dibawah ini adalah nama hormon tumbuhan yang yang memicu pertumbuhan dan perkembangan, kecuali …
a. Auksin
b. Sitokinin
c. Asam absisat
d. Anthokalin
e. etilen

22. Ilmuwan yang menemukan adanya senyawa sitokinin dalam buah kelapa yang belum matang adalah …
a. Eiichi Kurosawa
b. Johannes Van Overbeak
c. Frederict T Addicot
d. Frits Went
e. Schmidt

23. Hormon pertumbuhan organ yang dapat mempengaruhi pertumbuhan bunga adalah …
a. Anthokalin
b. Kaulokalin
c. Auksin
d. Rhizokalin
e. filokalin

24. pada tumbuhan terdapat Sejenis protein yang memiliki kemampuan untuk menyerap cahaya adalah …
a. kriptokrom
b. protoklorofilida
c. fitokrom
d. penerima UV-B
e. Fotoperiodik

25. Indole acetic acid (IAA) adalah hormon pertumbuhan alami yang merupakan kelompok hormon …
a. Sitokinin
b. Giberelin
c. Gas etilen
d. Auksin
e. Asam absisat

26. Pernyataan yang tidak tepat mengenai gas etilen adalah …
a. Berfungsi merusak klorofil sehingga menjadi masak
b. Aktivitasnya sangat cepat bila ada oksigen
c. Dapat bekerja pada kolenkima dan sklerenkima untuk memperkokoh batang
d. Bersama auksin dapat mengatur bunga jantan dan betina pada nanas dang mangga
e. Dihasilkan pada pangkal tangkai buah yang sudah tua

27. Berikut adalah fungsi asam absisat, kecuali …
a. Menyebabkan stomata tertutup untuk mengurangi penguapan
b. Menyebabkan meranggasnya daun pada musim kemarau
c. Menyebabkan dormansi biji
d. Mempercepat pembelahan sel pada jaringan embrional
e. Menghambat pembelahan dan pemanjangan pada titik tumbuh

28. Fitohormon dapat merangsang pertumbuhan akar tanaman yang berupa vitamin B dan banyak dijumpai pada air cucian beras adalaj …
a. Anthokalin
b. Rhizokalin
c. Kaulokalin
d. Filokalin
e. Asam absisat

29. Sitokinin adalah hormon tumbuhan yang …
a. Berperan dalam pembelahan sel meristem akar
b. Volume air saat menyiram
c. Menghambat pertumbuhan batang
d. Bekerja antagonis dengan etilen
e. Terdapat diseluruh bagian akar

30. Hormon tumbuhan yang merangsang pertumbuhan sel baru pada jaringan yang luka adalah …
a. Kaulokalin
b. Auksin
c. Asam traumalin
d. Filokalin
e. giberelin

31. Selain dapat menghambat pembelahan sel, etilen dapat membantu …
a. Pengguguran daun
b. Pematangan buah
c. Pembelahan sel
d. Dormansi pucuk
e. pembungaan

32. Hormon yang merangsang ppembentukkan pembuluh pengangkut floem dan xilem adalah …
a. Auksin
b. Giberelin
c. Sitokinin
d. Etilen
e. Asam absisat

33. Hormon yang berfungsi meningkatkan proses pematangan buah adalah …
a. Florigen
b. Etilen
c. Vernalin
d. Rhizokalin
e. sitokinin

34. Suatu zat pengatur tubuh yang berfungsi menghambat proses penuaan adalah …
a. Auksin
b. Sitokinin
c. Asam traumalin
d. Giberelin
e. Florigen

35. Hormon yang merangsang pembentukan bunga adalah …
a. Auksin dan vernalin
b. Etilen dan rhizokalin
c. Giberelin dan florigen
d. Giberelin dan flirigen
e. Asam absisat

36. Hormon yang dapat mempercepat penuaan daun dan merangsang gugurnya daun adalah …
a. Auksin
b. Etilen
c. Giberelin
d. Sitokinin
e. Asam absisat

37. Tumbuhan bisa memperbaser batang dan akar, hal ini dikarenakan adanya aktivitas hormon …
a. Giberelin
b. Sitokinin
c. Etilen
d. Asam absisat
e. auksin

38. Gejala defisiensi pada tumbuhan berupa daun menguning menandakan tumbuhan kekurangan unsur …
a. Mg
b. Fe
c. Ze
d. H2O
e. Cl

39. Tumbuhan yang tumbuh pada tempat yang mengalami kekurangan cahaya memiliki tanda-tanda berikut, kecuali …
a. Daun lebar
b. Perakaran banyak
c. Stomata sedikit
d. Ukuran tubuh lebih tinggi
e. Ukuran stomata lebih lebar

40. Tumbuhan yang kekurangan unsur Fe dan Mg akan mengalami klorosis yang berarti …
a. Terhambatnya proses pertumbuhan
b. Perkembangan yang terhambat
c. Rendahnya kandungan klorofil
d. Tidak mampu berfotosintesa
e. Tidak mampu membentuk organ reproduksi

41. Perlakuan dengan mengubah-ubah temperatur dapat merangsang perkecambahan biji, peristiwa ini dinamakan …
a. Vernalisasi
b. Termoperiodisme
c. Fotoperiodisme
d. Termotropisme
e. termonasti

42. Pada tumbuhan yang ditanam di tempat gelap akan memiliki ciri sebagai berikut …
a. Memiliki daun sempit
b. Memiliki jaringan mesofil yang tebal
c. Kloroplat yang cukup
d. Transpirasi yang tinggi
e. Tumbuh cepat, tetapi tidak normal

43. Suatu tumbuhan mengalami defisiensi unsur Mn2+, Hal yang akan terjadi adalah …
a. Tumbuh kerdil
b. Batang tumbuh lemah
c. Nekrosis
d. Daun muda menggulung
e. layu

44. Pengertian temperatur optimum pada proses pertumbuhan adalah …
a. Temperature tertinggi dimana tumbuhan masih dapat hidup
b. Temeperatur tertinggi di suatu daerah dimana tumbuhan tidak dapat hidup
c. Temperature yang dapat mempengaruhi tumbuhnya tumbuhan sehingga mudah layu
d. Temperature yang paling sesuai bagi pertumbuhan tumbuhan
e. Temperature terendah dimana tumbuhan dapat hidup

45. Jika tanaman berhari pendek setiap malam terkena cahaya beberapa saat, akan menyebabkan tumbuhan tersebut …
a. Mati
b. Kekeringan
c. Tidak berbunga
d. Terhenti pertumbuhannya
e. berbunga

46. Perhatikan gambar berikut

Tanaman (a) disimpan di tempat gelap, tanaman (b) disimpan ditempat terang
Hal ini menunjukkan …

a. Cahaya membantu fotosintesis
b. Cahaya membantu pembentukkan klorofil
c. Cahaya matahari menghambat hormone tanaman
d. Suhu udara diperlukan untuk pertumbuhan tanaman
e. Suhu udara menghambat pertumbuhan

47. Berikut beberapa nutrisi penting bagi tumbuhan
(1) karbon (4) kalsium
(2) fosfor (5) besi
(3) boron
Unsur yang diperlukan dalam jumlah relatif banyak banyak (makronutrient) adalah …
a. 1, 2 dan 3
b. 2, 3 dan 4
c. 1, 2 dan 4
d. 2, 4 dan 5
e. 3, 4 dan 5

48. Perhatikan hal-hal yang berhubungan dengan tumbuhan berikut:
(1) hormon (4) pupuk
(2) Cahaya (5) suhu
(3) Genetik
Faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan adalah …
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 4 dan 5
c. 2, 3 dan 4
d. 2, 4 dan 5
e. 1, 3 dan 4

49. Perhatikan gambar berikut:

Pertumbuhan tanaman tersebut dipengaruhi oleh …
a. Cahaya matahari
b. Kelembaban
c. Suhu
d. Nutrisi
e. air

50. Jika biji tanaman yang sedang berkecambah dipindahkan ke tempat gelap, pertumbuhan akan menjadi …
a. Lambat
b. Terhenti sama sekali
c. Batang menjadi kecil dan memanjang
d. Cepat pada batang
e. Batang dan akar pendek



Selamat mengerjakan setelah selesai buka judul metabolisme 1, dan metabolisme 2

24 Juli 2009

LATIHAN SOAL HAKIKAT BIOLOGI SEBAGAI ILMU

Memahami kakikat biologi sebagai ilmu

A. PENGERTIAN BIOLOGI
Biologi dilihat dari asal katanya berasal dari kata bios dan logos
Bios artinya …………………………………………………………………………………………………………………………
Logos artinya ………………………………………………………………………………………………………………………
Biologi berarti ……………………………………………………………………………………………………………………

B. STRUKTUR KEILMUAN BIOLOGI
Sosok keilmuan biologi dibagun oleh 3 aspek, yaitu aspek tingkat organisasi kehidupan, aspek objek biologi dan aspek ragam persoalan yang dikaji.



1. Objek bIologi

Berdasarkan arti kata biologi di atas, maka yang menjadi objek biologi adalah …………
Objek biologi tersebut dapat dikategorikan menjadi beberapa kelompok, yaitu :
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..

2. Tingkat organisasi kehidupan

Mempelajari kehidupan dapat diamati pada tingkat yang berbeda dari yang paling kecil atau sempit yang besar atau luas. Cobalah kamu sebutkan tingkat organisasi kehisupan beserta sontohnya
• Moleku, contoh : protein
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• Bioma, Contoh : Bioma Padang rumput


3. Ragam persoalan Biologi

Ada banyak ragam persoalan yang dikaji dalam bidang biologi, yaitu:
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..

C. CABANG-CABANG BIOLOGI

Biologi berkembang dengan pesat sehingga sekarang mungkin terdapat puluhan cabang biologi. Cabang-cabang biologi tersebut berkembang dengan dasar ketiga aspek di atas. Misalnya, ilmu kedokteran. Dilihat dari objeknya, kajiannya adalah …………………………………..,
Dilihat dari tingkat organisasi kehidupan, kajiannya adalah ……………………………………, sedangkan persoalannya adalah ……………………………………………………………………………………………
Demikian juga dengan cabang-cabang biologi lain dapat dilihat dari ketiga aspek di atas. Cobalah kamu kaji berbegai cabang ilmu berikut:

1. Biologi molekuler
Objek Kajian : virus
Tingkat organisasi kehidupan : molekul
Permasalahan biologi : struktur dan fungsi

2. Genetika
Objek Kajian : …………………………………………………………………………………………………………………..
Tingkat organisasi kehidupan : ………………………………………………………………………………………..
Permasalahan biologi : ……………………………………………………………………………………………………

3. Histologi
Objek Kajian : …………………………………………………………………………………………………………………..
Tingkat organisasi kehidupan : ………………………………………………………………………………………..
Permasalahan biologi : ……………………………………………………………………………………………………

4. Anatomi
Objek Kajian : …………………………………………………………………………………………………………………..
Tingkat organisasi kehidupan : ………………………………………………………………………………………..
Permasalahan biologi : ……………………………………………………………………………………………………

5. Fisiologi
Objek Kajian : …………………………………………………………………………………………………………………..
Tingkat organisasi kehidupan : ………………………………………………………………………………………..
Permasalahan biologi : ……………………………………………………………………………………………………

6. Mikrobiologi
Objek Kajian : …………………………………………………………………………………………………………………..
Tingkat organisasi kehidupan : ………………………………………………………………………………………..
Permasalahan biologi : ……………………………………………………………………………………………………

7. Botani
Objek Kajian : …………………………………………………………………………………………………………………..
Tingkat organisasi kehidupan : ………………………………………………………………………………………..
Permasalahan biologi : ……………………………………………………………………………………………………

8. Ekologi
Objek Kajian : …………………………………………………………………………………………………………………..
Tingkat organisasi kehidupan : ………………………………………………………………………………………..
Permasalahan biologi : ……………………………………………………………………………………………………

9. Taksonomi
Objek Kajian : …………………………………………………………………………………………………………………..
Tingkat organisasi kehidupan : ………………………………………………………………………………………..
Permasalahan biologi : ……………………………………………………………………………………………………

10. Zoology
Objek Kajian : …………………………………………………………………………………………………………………..
Tingkat organisasi kehidupan : ………………………………………………………………………………………..
Permasalahan biologi : ……………………………………………………………………………………………………

11. Embriologi
Objek Kajian : …………………………………………………………………………………………………………………..
Tingkat organisasi kehidupan : ………………………………………………………………………………………..
Permasalahan biologi : ……………………………………………………………………………………………………

12. Entomologi
Objek Kajian : …………………………………………………………………………………………………………………..
Tingkat organisasi kehidupan : ………………………………………………………………………………………..
Permasalahan biologi : ……………………………………………………………………………………………………

13. Ornitologi
Objek Kajian : …………………………………………………………………………………………………………………..
Tingkat organisasi kehidupan : ………………………………………………………………………………………..
Permasalahan biologi : ……………………………………………………………………………………………………

14. Mikologi
Objek Kajian : …………………………………………………………………………………………………………………..
Tingkat organisasi kehidupan : ………………………………………………………………………………………..
Permasalahan biologi : ……………………………………………………………………………………………………

15. Akuakulture
Objek Kajian : …………………………………………………………………………………………………………………..
Tingkat organisasi kehidupan : ………………………………………………………………………………………..
Permasalahan biologi : ……………………………………………………………………………………………………

16. Evolusi
Objek Kajian : …………………………………………………………………………………………………………………..
Tingkat organisasi kehidupan : ………………………………………………………………………………………..
Permasalahan biologi : ……………………………………………………………………………………………………

17. Sitologi
Objek Kajian : …………………………………………………………………………………………………………………..
Tingkat organisasi kehidupan : ………………………………………………………………………………………..
Permasalahan biologi : ……………………………………………………………………………………………………

D. MANFAAT BIOLOGI
Biologi telah diaplikasikan secara luas dalam kehidupan sehari-hari. Keilmuan biologi yang berkembang pesat telah memberikan berbagai manfaat atau sumbangan dalam kemajuan kesejahteraan manusia. Cobalah kamu kaji berbagai manfaat biologi dalam bidang berikut:

1. Manfaat biologi dalam bidang kesehatan
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..

2. Manfaat biologi dalam bidang industry
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..

3. Manfaat biologi dalam bidang pertanian
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..

4. Manfaat biologi dalam bidang peternakan
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..

5. Manfaat biologi dalam bidang ekonomi
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..
• …………………………………………………………………………………………………………………………………..



SELAMAT MENGERJAKAN
KUMPULKAN LATIHAN SOAL INI PADA HARI KAMIS TANGGAL 30 JULI