03 Desember 2016

SEPUTAR SIMPOSIUM NASIONAL 2016

Kegiatan simposium ini sebenarnya merupakan tujuan kedua dari kegiatan Forum kreatifitas Karya Ilmiah (FKKI) 2016 yang dilaksanakan oleh P4TK IPA. Acara dilaksanakan pada tanggal 25 November 2016 yang berlokasi di Sentul International Convention Center.
Undangan simposium sekaligus peringatan Hari Guru nasional 2016
Persiapan keberangkatan menuju arena simposium dilakukan malam hari sebelumnya. Panitia mengumumkan bahwa seluruh peserta FKKI sudah berkumpul di dalam Bus yang telah disediakan pada jam 6.45 pagi, dan bus akan berangkat jam 7.00.

Pihak Hotel Lorin pun ikut mendukung persiapan kegiatan ini yaitu dengan membuka layanan breakfast lebih cepat 1 jam dari hari biasanya. Wah .... jika ngeliat semangat peserta begitu besar, mulai jam 5.30 restauran hotel sudah penuh dengan peserta FKKi yang berbatik ria, rata-rata mereka menggunakan Batik dari daerah asalnya masing masing. Sayangnya aku lupa foto-fotoin bagaimana kekayaan Batik Indonesia .... uh sayangnya, lupa bikin arsip saking semangatnya mau lihat seperti apa sih karya teman-teman guru yang akan tampil di simposium?

Sampai di SICC ingatanku kembali melayang 5 tahun yang lalu, yah ... tempat ini memberikan kenangan tersendiri karena ditempat inilah aku mendapat penyematan tanda Kehormatan Satya lancana dari presiden RI Saat itu Bapak Susilo bambang Yudoyono. Waktu itu hanya 5 orang guru dari seluruh Indonesia yang mendapatkann penghargaan tertinggi bidang pendidikan tersebut, dan hanya aku satu-satunya perempuan .... Alhamdulillah Ya Allah. Jadi arena ini bukanlah sesuatu yang asing bagiku.

Karena masihh pagi, aku sempatkann berkeliling area pameran, disana banyak instansi yang berpameran, kebanyakan dari P4TK, mulai P4TK IPA, P4TK bahasa, P4TK bisnis dan pariwisata, kemendikbud, organisasi guru seperti IGI, FSGI dan masih banyak lagi, Disini mereka membagi-bagikan buku, wah sayangnya yang dibagikan hanya buku yang berkaitan dengan keorganisasian mereka, aku tidak terlalu berminat, mbok ya karena yang banyak berkunjung adalah guru, bisa kami dibagikan ensiklopedia pengetahuan, buku cerita, majalah atau apalah .... asal jangan tentang organisasi tersebut.
Nah ada juga yang memberikan kenang-kenangan berupa tas kantong, pulpen, pin, atau kipas .... nah kalo yang seperti ini bermanfaat menurut ku hehehe .....

Setelah agak puas berkeliling area luar gedung yang dijadikan tempat simposium, dan dari luar acara terdengar acara pembukaan sudah dimulai, bergegas ku ajak temanku untuk masuk dan mengikuti acara pembukaan simposium.

Acara ini dibuka oleh Dirjen GTK Bapak Pranata, menurutku Bapak yang satu ini super kocak, melihat wajahnya saja mungkin sudah membuat kita bahagia dengan senyum ramahnya.
sambutan Dirjen GTK pada acara pembukaan simposium
Acara dilanjutkan dengan pengumuman panitian dan pembagian lokasi simposium, yang dibagi atas 4 area. Area pertama untuk paud yang terdiri atas ruang 1, 2 dan 3, area 2 untuk dikdas meliputi ruang dikdas 1, 2 dan 3, area 3 untuk dikmen yang terdiri atas dikmen 1, 2 dan 3 dan terakhir area utuk tenaga kependidikan.
Acara juga dilengkapi dengan berbagai macam seni, seperti tari, pusi, dan paduan suara. Berikut gambar-gambar seputar hiburan dalam acara pembukaan simposium.
Tarian pembuka

Ini teman-temanku dengan wajah cerah dan ceria
Siip lah teman-teman, tetap semangat bersimposium yaaa
Kelompok paduan suara dari guru-guru Indonesia Timur
Tari Sim-sim dari kelompok Guru Jakarta
Sumbangan lagu secara spontan dari guru-guru yang pede punya suara bagus 
Setelah acara pembukaan, peserta diarahkan untuk mengikuti acara simposium guru, dan setiap guru bebas memilih ruang simposium mana yang ingin di ikuti, setiap ruang kapasitas kursi yang disediakan ada 80 kursi. Aku sendiri lebih tertarik masuk ke ruang dikmen 2. Dan penyaji yang pertama kulihat teman ku di FB, kami tidak pernah bertemu sebelumnya, tapi aku sering baca statusnya di FB. Dia adalah Cece Sutia, aku lupa guru dari SMA berapa, tapi yang jelas dia berasal dari Bandung. Berikut foto-foto sekitar simposium guru.
seperti ini tampilan cece ketika mempresentasikan artikel ilmiahnya dalam simposium Guru Nasional yang mengambil tema perlindungan Guru
Cece Sutia in Action, penuh semangat dan berapi-api presentasinya
Peserta simosium dikmen lainnya
Sesi pertama simposium berakhir jam 12 selanjutnya peserta dipersilahkan makann siang, sholat. pada sesi pertama selesai 5 artikel disajikan sisanya 5 lagi setelah ishoma.
Rasa letih mulai menyerang, setelah makan siang, aku ambil posisi di dalam ruangan, sambil menunggu jam 3, karena acara simposium dijadwalkan selesai jam 15.00. Namun ada pengumuman susulan yang menginformasikan bahwa Pak Muhajir Effendy menteri pendidikan Indonesia akan datang sekitar jam 16.00, jadi peserta simposium disarankan untuk tidak meninggalkan arena simposium.

Kedatangan pak menteri ternyata ngaretnya hampir 2 jam, beliau datang sekitar jam 6, pas azan maghrib berkumandang, dan beliau baru masuk ruangan setelah sholat maghrib, weh .... pak menteri sholat maghrib kami gimana nih? mau keluar gak bisa ...karena pintu sudah ditutup.

Acara dimulai dengan laporan dirjen GTK, dilanjutkan sambutan menteri pendidikan, Tampaknya Pak menteri begitu semangat sehingga sambutannya panjaaaang sekali. Berikut foto-foto mulai dari kedatangan menteri sampai kembali lagi ke hotel.
Sambutan menteri pendidikan Nasional dalam Acara simposium Nasional tahun 2016

Tari-tarian
Mejeng dulu ah, dengan background Pak menteri yang lagi kasih sambutan

Sekali lagi mejeng ah
Penganugerahan sayta lancana bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi yahun 2016

Ini temanku irma, juga menerima satya lancana pendidikan dari Pak menteri

Ini juga masih pemberian satya lancana pendidikan
Acara berakhir jam 8.00 dan pak menteri diserburatusan guru yang ingin berfoto ria, termasuk aku, karena tempat duduk ku dibelakang Pak menteri, jadi deh tanpa susah payah berfoto diantara kerumunan guru dan menteri hehehe ....
Coba tebak, mana wajah pak menteri yaaaaa? ↡
Bagi teman-teman yang mau naskah pemenang simposium, ini aku lampirkan seluruh karya pemenangnya semoga bermanfaat. Okay .... segitu dulu laporan pandangan mata ala prestasi herfen.blogspot.com semoga bermanfaat.

Naskah 1
Bagai Permata dalam Etalase

Naskah 2
Revitalisasi SMK Kemaritiman dalam rangka menunjang Indonesia sebagai poros maritim

naskah 3
ICT based Learning materials potensi penggunaan Augmented reality (AR) dan Virtual reality (VR) aplication dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA

Naskah 4
Model "tawa profesor" : implementasi budaya 5 B berbasis MBS dan hidden curriculum dalam mewujudkan "taman Integritas" sekolah

Naskah 5
Assesment membaca Pemulaan

Naskah 6
Flip Book Bilangan bulat sebagai media dan sumber pembelajaran di kelas VII MTs Muhammadiyah 1 Banjarmasin

Naskah 7
Reaksi kimia bersyair dalam gerakan literasi sekolah

Naskah 8
Technological paedagogical content knowledge (TPCK) melalui jejaring  sosial facebook dan Google drive

Naskah 9
Aplikasi kamus bahasa isyarat untuk android dan komputer sebagai media komunikasi dengan tunarungu

Naskah 10
Mengurangi frekuensi bulying antar siswa tunagrahita dengan memanfaatkan jam istirahat sekolah untuk kegiatan bermain musik

Naskah 11
Pengembangan bahan ajar kimia berbasis web dengan HTML 5 sebagai pendukung pembelajaran

Naskah 12
Catur sakti cetak siswa SMK siap kerja

Tampaknya cuma 12 naskah pemenang, karena setiap jenjang hanya diambil 3 pemenang dari jenjang PAUD/SLB, jenjang Dikdas dan jenjang SMA/SMK

Terimakasih sudah mau berkunjung ke blog Aku (^_^)

Tidak ada komentar: